Monday, September 1, 2008

Permainan Ori'an 20

Persiapan
Permainan ini dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak diatur dalam hal jumlahnya. Dan tidak diperlukan persiapan khusus.

Peralatan
Tidak diperlukan peralatan tertentu

Peraturan
• Personil yang terkena hitungan yang ke-20 merupakan personil pertama kali yang harus mengejar teman-temannya (personal yang ngori’).
• Jika kelompok bermain lebih dari 20 orang, maka setelah hitungan ke-20, hitungan dilanjutkan lagi ke hitungan pertama sehingga setiap personil turut kebagian dalam menghitung. Hitungan berhenti pada hitungan ke-20 berikutnya.

Permainan
Sekelompok orang memulai permainan dengan membuat lingkaran tertutup dengan bergandengan tangan. Salah seorang personail mengambil inisiatif sebagai hitungan pertama. Dilanjutkan dengan hitungan kedua, ketiga, dan seterusnya kearah kanan personil hitungan pertama. Personil yang terkena hitungan yang ke-20 akan menjadi personil pertama yang mengejar (ngori’).
Personil yang bisa dikejar dan disentuh oleh pengejar pertama, bersama-bersama dengan pengejar pertama akan ikut mengejar (ngori’) teman-teman yang belum terkejar. Demikian seterusnya personil yang terkejar dan disentuh oleh pengejar akan ikut mengejar. Sehingga para pengejar akan semakin banyak dan bahu membahu mengejar teman-temannya yang belum terkejar.

Akhir Permainan
Tidak ada istilah menang dan kalah dalam permainan ini. Permainan ini berakhir jika tidak ada lagi personil yang harus dikejar dan diburu.

No comments: